Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan penilaian hasil belajar pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi ujian madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab sebagaimana terlampir.  Bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut;

 

1. Kisi-kisi  mata  pelajaran   PAI  dan  Bahasa  Arab   sebagaimana  terlampir   disusun berdasarkan KMA 183 Tahun 2019.

 

2. Kisi-kisi mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab dijadikan pedoman Guru dalam menyusun naskah soal UM mata pelajaran PAI  dan Bahasa  Arab pada jenjang  MI,  MTs  dan MA/MAK.

3. Naskah soal UM tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

4. Penyusunan soal UM wajib memperhatikan prinsip utama pembelajaran pada Masa Pandemi, yaitu keselamatan dan keamanan seluruh warga madrasah dari ancaman penyebaran COVID-19. Dengan demikian soal UM agar disajikan secara proporsional dan mampu memancing munculnya kompetensi yang akan diukur, namun tidak sampai menimbulkan   tersitanya   banyak   waktu   dan   kelelahan   siswa   yang   berlebihan. Kesempatan siswa untuk menjaga kebugaran dan kesehatan wajib menjadi perhatian semua pihak.

5. Jumlah soal ditetapkan oleh masing-masing madrasah sesuai proporsi yang diperlukan untuk mengukur kompetensi siswa.

6. Sesuai dengan POS UM Tahun Pelajaran 2021/2022, pada masa Pandemi Covid-19 maka madrasah dapat memilih salah satu dan/atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi  yang  dinilai.  Bentuk  ujian  dimaksud  antara  lain  portofolio,  penugasan, praktek, tes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah/daerah. Khusus bentuk portofolio, bukan bermakna dibuat ujian portofolio, namun dalam kondisi yang sangat darurat di masa pandemi sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelaksanaan bentuk ujian yang lazim, maka madrasah diberi peluang melakukan penilaian berdasarkan portofolio pekerjaan siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar.

7. Kondisi   sangat   darurat   sebagimana   dimaksud   dalam   poin   6   (enam)   di   atas mendapatkan rekomendasi dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota setelah sebelumnya dilakukan verifikasi oleh Pengawas yang ditugasi oleh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota


Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasama Saudara  diucapkan terima kasih.


a.n. DirekturJenderal

Direktur KSKK Madrasah


Moh. Isom

Download

-       Kisi-Kisi UM MI TP 2021-2022

-       Kisi-Kisi UM MTs. TP 2021-2022

-       Kisi-Kisi UM MA TP 2021-2022

-       Kisi-Kisi UM MAPK TP 2021-2022


Post a Comment

أحدث أقدم