Bahan Ujian Madrasah TP 2022


BAHAN UJIAN MADRASAH

A.      Bentuk Ujian

1.      Pada masa pandemi Covid-19, bentuk Ujian Madrasah pada jenjang MI,
MTS, dan MA/MAK dapat berupa;

a.       portofolio,

b.      penugasan,

c.       praktek,

d.      tes tertulis, dan/atau

e.      bentuk lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

2.      Berbagai bentuk ujian tersebut dapat dipilih salah satu atau gabungan
beberapa bentuk. Prinsip utama pemilihan bentuk ujian disesuaikan
secara proporsional berdasarkan kebutuhan pengukuran kompetensi pada setiap mata pelajaran yang akan diujikan.


B.      Materi Ujian 1. Materi ujian untuk mata pelajaran umum mengacu pada kurikulum
2013 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2. Materi ujian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

C.      Kisi-Kisi UM
1. Kisi-kisi UM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara. bentuk SK Kepala rasah.
2. Kisi-kisi UM mata pelajaran al Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI.

3. Kisi-kisi UM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

D.     Naskah Soal UM
1. Naskah soal UM disusun oleh guru mata pelajaran mengacu pada kisi kisi UM.

2. Soal tes yang dikembangkan disesuaikan dengan bentuk ujian yang dipilih. Bila ujian dalam bentuk soal tes tertulis, dapat berupa Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, menjodohkan dan uraian.
3. Naskah soal UM disusun oleh Guru mata pelajaran pada satuan pendidikan.
4. Dalam hal di madrasah terdapat keterbatasan sumber daya, maka guru madrasah yang bersangkutan dapat melakukan sharing pengetahuan dengan madrasah lain pada forum KKG/MGMP.
5. Naskah soal tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

E.      Prosedur Penyusunan Kisi-kisi dan Soal UM
1. Kepala madrasah menetapkan Guru penyusun kisi-kisi dan soal UM.

2. Guru menyusun kisi-kisi soal UM.
3. Guru menyusun naskah soal UM mengacu pada kisi-kisi soal UM.

4. Validasi naskah soal UM oleh team teaching dengan pendampingan pengawas madrasah dan/atau pada forum KKG/MGMP.

5. Finalisasi/Penyempurnaan naskah soal UM oleh guru mata pelajaran.
6. Naskah soal UM diserahkan kepada panitia UM untuk digandakan dan siap digunakan ujian.

F.       Penggandaan Naskah Soal UM .

1.      Bila ujian dilaksanakan berbasis kertas pensil (KP), penggandaan naskah soal UM beserta kelengkapannya dilakukan oleh masing masing madrasah penyelenggara UM.

2.      Kanwil Kemenag Provinsi, Kemenag Kab/Kota, KKM, MGMP/KKG DILARANG mengkoordinir/menghimpun penggandaan naskah soal UM.


Post a Comment

أحدث أقدم