PENGUMUMAN TENTANG PELAKSANAAN SELEKSI CPPPK KEMENAG 2021

 


PENGUMUMAN

Norn or:  P-3024/SJ/B.ll.2/KP .00.1 /07 /2021

 

TENTANG PELAKSANAAN SELEKSI

CALON PEGAWAI  PEMERINTAH  DENGAN PERJANJIAN KERJA (CPPPK) KEMENTERIAN  AGAMA  REPUBLIK INDONESIA

TAHUN ANGGARAN  2021


Kementerian Agama Republik Indonesia berdasarkan Peraturan  Menteri PANRB Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2021  tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja  untuk Jabatan  Fungsional dan Keputusan  Menteri  PANRB Republik Indonesia  Nomor 993

Tahun 2021  tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Agama Tahun Anggaran 2021, memberikan kesempatan kepada Tenaga Guru dan Dosen  Eks Tenaga  Honorer  Kategori II yang terdaftar  pada basis data peserta yang telah dilakukan  seleksi administrasi  dan memenuhi  syarat administrasi  melalui SSCN-P3K BKN tahun 2019 untuk mengikuti seleksi Galon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2021.

 

I.     SATUAN KERJA YANG MENDAPATKAN  ALOKASI  FORMASI

Satuan Kerja  yang mendapatkan alokasi formasi  sebagaimana terlampir pada  Lampiran I

yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pengumuman ini.


II.     RINCIAN JABATAN,  KUALIFIKASI  PENDIDIKAN,  DAN JUMLAH ALOKASI  FORMASI Rincian jabatan, kualifikasi pendidikan, dan jumlah alokasi formasi sebagaimana terlampir pada Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pengumuman ini.

III.     KRITERIA  PELAMAR

Pelamar adalah Tenaga Guru dan Dasen Eks Tenaga Honorer Kategori II yang terdaftar pada basis  data  peserta  yang  telah  dilakukan   seleksi   administrasi  dan  memenuhi  syarat administrasi melalui SSCN-P3K BKN tahun 2019.

 

IV.     PERSYARATAN

1  .  Warga Negara Indonesia;

2.   Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi  1    (satu) tahun sebelum batas usia pensiun  pada jabatan  yang  akan  dilamar sesuai  dengan  ketentuan  peraturan perundang-undangan;

3.   Tidak  pernah  dipidana  dengan  pidana  penjara  berdasarkan  putusan  pengadilan  yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau  lebih;

4.    Tidak  pernah  diberhentikan  dengan  hormat  tidak  atas  permintaan  sendiri  atau  tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota  Kepolisian  Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

5.    Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

6.    Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

7.    Sehat jasmani  dan  rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

8.    Bersedia  ditempatkan  di  seluruh  wilayah  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  atau negara lain yang ditentukan;

9.    Mematuhi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan di Kementerian Agama.

V.    TATA CARA PENDAFTARAN DAN DOKUMEN PERSYARATAN

1.    Tata Cara Pendaftaran

A.    Pembuatan  Akun pada SSCN

1) Pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan mulai tanggal 7 Juli - 21 Juli 2021;

2)    Pada saat pendaftaran secara online melalui la man sebagaimana tersebut di atas, pelamar harus mengisi NIK pelamar dan NIK kepala keluarga pada Kartu Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga, alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban  pengaman  lalu  mengunggah  pasfoto terbaru  berlatar belakang  warna merah berukuran 4x6  (foto minimal  120kb,  maksimal  200kb,  tipe dokumen jpg) kemudian   pelamar  mengunggah   foto   diri   pelamar   (swafoto)   yang   sedang memegang  Kartu lnformasi Akun dan e-KTP/ surat keterangan perekaman e-KTP sebagai bukti telah melakukan  pendaftaran  (foto minimal 120kb,  maksimal 200kb, tipe dokumen jpg) dan mencetak Kartu lnformasi Akun;

B.   Pemilihan  Formasi

1)    Setelah proses pembuatan akun, pelamar kembali log in ke laman di atas, pelamar memilih   instansi  Kementerian  Agama,   jenis   kebutuhan  dan  jabatan  sesuai pendidikan   serta   melengkapi   data   dan   formulir   yang   tersedia   dan   wajib mengunggah  dokumen yang dipersyaratkan, apabila telah lengkap pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2021;

2)   Pelamar selanjutnya  memilih Jenis  Seleksi  yaitu PPPK (Non   Guru),   kemudian

Formasi dan Jabatan sesuai pendidikan, disarankan didampingi panitia satuan kerja;

3)   Pelamar  hanya  boleh  memilih  satu  pilihan  jabatan  dan  kebutuhan,  apabila terdapat  kesalahan  dalam  pemilihan jabatan  dan  kebutuhan,  maka  menjadi tanggung jawab dari pelamar sendiri, panitia tidak akan/dapat merubahnya.


2.    Dokumen  Persyaratan

A.    Asli surat lamaran  ditulis tangan dengan- tinta hitam yang ditujukan  kepada Menteri Agama  Republik  Indonesia dan ditandatangani di atas materai Rp.10.000,-. (contoh terlampir);

B.   Asli Pasfoto terbaru berlatar belakang wama  merah ukuran 4 x 6;

C.   Asli KTP/ Asli Surat Keterangan  KTP Sementara yang masih berlaku;

D.   Asli Kartu Keluarga (KK);

E.   Asli  ljazah dan Transkrip  Nilai terakhir sesuai  dengan  kualifikasi  pendidikan  yang dipersyaratkan;

F.   Asli   Surat   Pemyataan   Bebas   Narkoba   dan   ditandatangani   di   atas   materai Rp.10.000,- (contoh terlampir);

G.   Asli  Surat  Pemyataan  Bersedia  Ditempatkan  dan  ditandatangani   di atas  materai Rp.10.000,-.  (contoh terlampir).

3.    Unggah Dokumen Persyaratan

Semua dokumen  persyaratan pada huruf A s.d. G sebagaimana  tersebut di atas di scan menjadi   format   pdf/jpg  sesuai   kebutuhan  dalam   unggah    persayaratan  di  aplikasi SSCASN;

VI.     JADWAL  PELAKSANAAN  SELEKSI

Jadwal  pelaksanaan   seleksi  sebagaimana   terlampir  pada  Lampiran   Ill  yang  merupakan bagian tidak terpisahkan  dari pengumuman  ini.

VII.     TAHAPAN  SELEKSI

1.     Seleksi Administrasi

2.    Seleksi Kompetensi  menggunakan  Computer Assisted Test meliputi:

a.    Kompetensi Teknis;

b.    Kompetensi Manajerial;

c.    Kompetensi Sosial Kultural.

3.    Wawancara.

VIII.      SISTEM SELEKSI

1.    Kelulusan seleksi Administrasi didasarkan pada kesesuaian antara data yang diisi dengan dokumen persyaratan yang diunggah dalam laman https://sscasn.bkn.go.id sebagaimana dalam pengumuman;

2.    Bagi pelamar setelah dilakukan  verifikasi  sebagaimana di atas tidak  sesuai dengan persyaratan dalam  pengumuman maka pelamar tersebut tidak  dapat diberikan  kartu peserta ujian/dinyatakan gugur, sedangkan bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi  dan  mendapatkan  kartu peserta  ujian  dapat  mengikuti  tahapan  seleksi selanjutnya;

3.   Kelulusan Seleksi Kompetensi didasarkan pada ketentuan yang diatur dalam Peraturan

 

Menteri PANRB;


4.    Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil Seleksi Kompetensi dan Wawancara sesuai dengan ketentuan.

IX.     KETENTUAN  LAIN

 

1.    Pelamar harus  membaca  dengan  cermat pengumuman,  memenuhi  semua persyaratan dan melakukan  pendaftaran sesuai dengan tata cara yang termuat dalam pengumuman ini.  Kelalaian  dalam  membaca  pengumuman  dan tata  cara yang  sudah  diatur adalah tanggung jawab pelamar;

2.    Bagi seluruh pelamar yang dinyatakan  lulus Seleksi Administrasi  wajib mengikuti Seleksi

Kompetensi dan Wawancara;

3.    Bagi pelamar yang tidak hadir, terlambat, tidak mengikuti tahapan seleksi atau tidak dapat menunjukkan  kartu peserta ujian dan kartu identitas atau Kartu Keluarga  dengan alasan apapun, pada waktu dan tempat yang ditetapkan,  maka dinyatakan  gugur;

4.    Bagi Pelamar yang telah mendaftar dan  dinyatakan  lulus  lalu  mengundurkan  diri, maka akan  dibatalkan  kelulusannya   serta  tidak  dapat  melamar  pada  periode  Pelaksanaan Seleksi Calon PPPK berikutnya;

5.    Apabila pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta/ketentuan atau melakukan  manipulasi data atau terbukti tidak memiliki komitmen kebangsaan  yang kuat dan paham  keagamaan  yang  moderat,  maka kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau pelamar diberhentikan sebagai CPPPK/PPPK;

6.    Keputusan panitia bersifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat;

7.    Seluruh  proses pelaksanaan  seleksi  CPPPK  Kementerian Agama  tidak dipungut biaya apapun.  Kelulusan pelamar ditentukan oleh kemampuan  dan kompetensi  pelamar;

8.    Diimbau  kepada seluruh pelamar CPPPK Kementerian Agama agar tidak mempercayai apabila  ada  orang/pihak tertentu  (calo) yang  menjanjikan  dapat  membantu  kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan  sejumlah uang atau dalam bentuk apapun;

9.    Bagi seluruh pelamar agar selalu memantau perkembangan  proses pelaksanaan  seleksi CPNS melalui https://kemenag.go.id atau https://casn.kemenag.go.id, dan https://sscasn.bkn.go.id     serta     media     sosial     resmi     lnstagram:     @kemenag_ri/@casnkemenag Twitter:  @Kemenag_RI.  Pelayanan  dan  penjelasan  informasi  terkait pelaksanaan  seleksi CPNS dapat menghubungi  Call CenterPanitia rnelalui, telepon (021) 3802800  (ext 231) pada jam kerja.


Post a Comment

أحدث أقدم