SOP Assesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022-2023

Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan pembelajaran,   kegiatan   pembelajaran   dan   asesmen/ penilaian, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu  asesmen/penilaian  yang  dilakukan  untuk  melihat  perkembangan dan  kemajuan  keberhasilan  proses  pembelajaran;  2)  Asesmen  sumatif yaitu  asesmen/penilaian  hasil  belajar untuk mengukur  capaian kompetensi peserta didik.   Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan   madrasah   disebut   Asesmen   Madrasah   (AM).   Asesmen Madrasah  adalah  asesmen  sumatif  yang  diselenggarakan  pada  akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.   Hal   tersebut   menegaskan   bahwa   pemerintah   memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam  rangka  standarisasi  penyelenggaraan  Asesmen  Madrasah  (AM), maka  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam  menyusun  Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi Guru, Kepala, Pengawas Madrasah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan Asesmen Madrasah. 

Download


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama