Keputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah. iUndang-undang iNomor i20 iTahun i2003 itentang iSistem iPendidikan iNasional iPasal i4 imengamanatkan ibahwa iPendidikan idiselenggarakan isebagai isuatu iproses ipembudayaan idan ipemberdayaan ipeserta ididik iyang iberlangsung isepanjang ihayat. iPendidikan idiselenggarakan idengan iprinsip imemberi iketeladanan, imembangun imotivasi, idan imengembangkan ikreativitas ipeserta ididik idalam ipembelajaran.
i
Diberlakukannya iKeputusan iMenteri iAgama iNomor i792 iTahun i2018 itentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iRaudhatul iAthfal, iKeputusan iMenteri iAgama iNomor i183 iTahun i2019 itentang iKurikulum iPendidikan iAgama iIslam idan iBahasa iArab iPada iMadrasah, idan iKeputusan iMenteri iAgama iNomor i184 iTahun i2019 itentang iPedoman iImplementasi iKurikulum ipada iMadrasah, imemberikan iruang ipada imadrasah iuntuk imelakukan ikreasi idan iinovasi idalam ipengelolaan ipendidikan idan ipembelajaran.
i
Sejalan idengan ihal itersebut iKementerian iPendidikan, iKebudayaan, iRiset idan iTeknologi itelah imeluncurkan iKurikulum iMerdeka iyang iakan idiberlakukan imulai itahun ipelajaran i2022/2023. iKonsep idari ikurikulum imerdeka iantara ilain iadanya ipenyederhanaan ikurikulum, imemberi iruang ikreasi idan ifleksibilitas isatuan ipendidikan idalam ipengelolaan ipembelajaran.
i
Seiring idengan iperubahan iparadigma ipembelajaran iabad-21 iserta iperkembangan idunia iyang isangat idinamis idan itidak imenentu, imaka idiperlukan ipola ibaru idalam ipengelolaan ipendidikan idan ipembelajaran ipada imadrasah. iMadrasah iharus isenantiasa imelakukan iperubahan idan iperbaikan iberkelanjutan, iberani imelakukan iinovasi iatau iterobosan ibaru, iserta imemanfaatkan iteknologi iinformasi isecara imaksimal iuntuk imeningkatkan imutu ilayanan ikepada iseluruh iwarga imadrasah. iMadrasah iharus imemiliki iotonomi idalam imengelola ipendidikan idan ikemandirian idalam iberkreasi, iberinovasi, imenciptakan ilayanan iyang ihumanis, iramah, iserta iadaptif idengan iperkembangan iilmu ipengetahuan idan iteknologi. iOleh ikarena iitu iKementerian iAgama iRI isenantiasa imendorong idan imemberi iruang iyang iseluas-luasnya ikepada imadrasah idalam imengembangkan ikurikulum ioperasional ipada itingkat isatuan ipendidikan, isesuai ipotensi idan ikekhasan imadrasah.
i
Diktum iKESATU iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan imenetapkan iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka ipada iMadrasah isebagaimana itercantum idalam iLampiran iyang imerupakan ibagian itidak iterpisahkan idari iKeputusan iini.
i
Diktum iKEDUA iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka ipada iMadrasah isebagaimana idimaksud idalam iDiktum iKESATU imerupakan iacuan ibagi imadrasah idan ipemangku ikepentingan ilainnya idalam istrategi ipenyelenggaraan ipembelajaran isemua imata ipelajaran idi imadrasah.
i
Diktum iKETIGA iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka ipada iMadrasah isebagaimana idimaksud idalam iDiktum iKESATU imemberikan ipilihan: ia) iMadrasah imenerapkan iKurikulum i2013, idengan iStandar iIsi, iKompetensi iInti i(KI), idan iKompetensi iDasar i(KD) iyang iditetapkan ioleh ipemerintah, idengan imemberi ikewenangan imadrasah imelakukan ikreasi idan iinovasi idalam imengembangkan ikurikulum ioperasional idi imasing-masing imadrasah; idan ib) iMadrasah imenerapkan iKurikulum iMerdeka idengan iStandar iIsi idan iCapaian iPembelajaran iyang iditetapkan ioleh ipemerintah, idengan imemberi ikewenangan imadrasah imelakukan ikreasi idan iinovasi idalam imengembangkan ikurikulum ioperasional idi imasing-masing imadrasah.
i
Diktum iKEEMPAT iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iImplementasi ikurikulum ibagi iMadrasah iyang imenerapkan iKurikulum i2013 isebagaimana idimaksud idalam iDiktum iKETIGA ihuruf ia:
a. i
iStandar iIsi, iKompetensi iInti, idan iKompetensi iDasar imata ipelajaran iselain iPendidikan iAgama iIslam idan iBahasa iArab iberdasarkan iketetapan idari iKementerian iPendidikan, iKebudayaan, iRiset idan iTeknologi;
b. i
iStandar iIsi, iKompetensi iInti, idan iKompetensi iDasar iPendidikan iAgama iIslam idan iBahasa iArab iberdasarkan iKeputusan iMenteri iAgama iNomor i183 iTahun i2019;
c. i
i iImplementasi iKurikulum iRaudhatul iAthfal i(RA) iberdasarkan iKeputusan iMenteri iAgama iNomor i792 iTahun i2018; idan
d. i
iImplementasi ikurikulum iMadrasah iIbtidaiyah i(MI), iMadrasah iTsanawiyah i(MTs), iMadrasah iAliyah i(MA), idan iMadrasah iAliyah iKejuruan i(MAK) iberdasarkan iKeputusan iMenteri iAgama iNomor i184 iTahun i2019.
i
Diktum iKELIMA iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iImplementasi iKurikulum ibagi iMadrasah iyang imenerapkan iKurikulum iMerdeka isebagaimana idimaksud idalam iDiktum iKETIGA ihuruf ib:
a) iStandar iIsi idan iCapaian iPembelajaran imata ipelajaran iselain iPendidikan iAgama iIslam idan iBahasa iArab iberpedoman ipada iketentuan iyang iditetapkan ioleh iKementerian iPendidikan, iKebudayaan, iRiset idan iTeknologi; idan
b) iStandar iIsi idan iCapaian iPembelajaran imata ipelajaran iPendidikan iAgama iIslam idan iBahasa iArab imengacu ipada iketentuan iyang iditetapkan ioleh iKementerian iAgama.
i
Diktum iKEENAM iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iPenerapan iimplementasi iKurikulum iMerdeka isebagaimana idimaksud idalam iDiktum iKELIMA:
a. i
iKurikulum iMerdeka iditerapkan idi imadrasah isecara ibertahap imulai iTahun iPelajaran i2022/2023;
b. i
iKurikulum iMerdeka iditerapkan ipada iRA, iMI, iMTs, idan iMA, idan iMAK isecara iterbatas ipada imadrasah ipercontohan/pHoting iyang iditetapkan ioleh iDirektur iJenderal iPendidikan iIslam.
i
Diktum iKETUJUH iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iKetentuan imengenai ibeban ibelajar idan ilinieritas iguru iyang imengajar ipada iMadrasah iyang imenerapkan iKurikulum iMerdeka iditetapkan ioleh iDirektur iJenderal iPendidikan iIslam.
i
Diktum iKELIMA iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imenyatakan iKeputusan iini imulai iberlaku ipada itanggal iditetapkan
i
Adapun iditerbitkan imaksud iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah iadalah isebagai ipanduan iMadrasah idan ipemangku ikepentingan ilainnya idalam imengembangkan ikurikulum itingkat isatuan ipendidikan idi imadrasah isesuai ikarakteristik ikebutuhan idan ipengelolaan ipendidikan idi iMadrasah. iSedangakan itujuan iadalah isebagai iPedoman iKurikulum iMerdeka ipada iMadrasah ibertujuan iuntuk imemberi ikemandirian imadrasah idalam imengelola ipendidikan idan ipembelajaran, iuntuk imeningkatkan ikualitas idan idaya isaing imadrasah isesuai idengan ituntutan ikompetensi iabad-21.
i
Sasaran iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah iadalah iadalah isatuan ipendidikan idan ipemangku ikepentingan ilainnya idalam imengelola ipendidikan idan ipembelajaran idi imadrasah. iAdapun iruang ilingkup iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imeliputi: iStandar iKelulusan; iStandar iIsi; iStruktur iKurikulum; iImplementasi iKurikulum idi iMadrasah; iPembelajaran idan iAsesmen; iPenguatan iProfil iPelajar iPancasila; iKurikulum iOperasional iMadrasah; iMonitoring idan iEvaluasi iPelaksanaan iKurikulum iMerdeka idi iMadrasah; iSosialisasi idan iPendampingan iImplementasi iKurikulum iMerdeka idi iMadrasah; idan iCapaian iPembelajaran.
i
Selengkapnya isilahkan idownload idan ibaca iKeputusan iMenteri iAgama iKMA iNomor i347 iTahun i2022 iTentang iPedoman iImplementasi iKurikulum iMerdeka iPada iMadrasah imelalui isalinan idokumen iyang itersedia idi ibawah iini.

Posting Komentar